Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » Islam dengan adanya Pengacara/Advokat

Islam dengan adanya Pengacara/Advokat

Posted by BERAWAL DARI REALITAS on Jumat, 19 Juli 2013


Islam sebuah agama yang hanya satu-satunya agama yang diridhoi oleh Tuhannya. Islam terbesar di dunia Indonesia lah yang paling terbesar di dunia dengan penduduk negerinya dengan beragamakan Islam. Namun apakah hukumnya pun diterapkan sesuai dengan agamanya? Hanya sebagian daerahnya saja yang berdasarkan syariat dan hukum Islam.

waktu itu sebelum melakukan ibadah yang sangat dinantikan oleh Islam telah hampir datang satu hari lagi yang bertepatan dengan tanggal 1 Ramadhan. Saya duduk dengan sambil membaca sbuah buku yang di dalamnya berisikan dengan hadis-hadis.

tak sengaja dan tepatnya pada hari itu saya baru mengetahui adanya ketentuan hadis yang dalam hadisnya itu berisikan yang menyebutkan bahwa "Islam itu tidak menyukai dengan banyak perdebatan". saya terkejut, yaaaa bisa disebut dengan promo kaget, mengapa terkejut? karena pada dasarnya banyak orang yang beragamakan Islam sering berdebat dalam kehidupan yang dijalankannya. Misalnya: dalam suatu kegiatan pun baik dalam suatu instansi sekolah atau perkuliahan sering diadakaanya suatu legiatan yang berlebelkan "DEBAT".

Apakah dalam kehidupan sehari-hari manusia beragamakan Islam tidak mengetahui atau tidak mau mengajarkan pada sesama muslim yang lain?

Di tahun demi tahun di negara Indonesia, sosok pengacara bahkan menjadikan sebagai idola di negara Indonesia. Padahal dalam proses yang dilakukan oleh seorang pengacara ini sering bahkan debat adalah hal yang paling utama harus dimiliki sebagai stilll dalam menjalankan tugasnya. Ini sangat bertentangan sekali dengan syariat Islam yang menyebutkan bahwa Islam itu tidak menyukai dengan orang yang suka berdebat.

Islam tidak menyukai dengan debat ini, mungkin banyak sisi madhorotnya dari pada manfaatnya. Bahkan kalau diantara perdebatan itu ada yang kalah itu akan sampai pada perselisihan karena kalah dalam suatu pembicaraan. Ini yang ditakutkan dan melarang soerang muslim untuk berdebat.

Bagaimana sisi dari Islam dalam mencari solusi dengan tidak melakukan perdebatan? Islam menganjurkan pada suatu permasalahan yang terjadi dalam kehidupan itu dengan cara bermusyawarah. mengapa dengan cara bermusyawarah? karena dalam musayawarah dalam sisi negatif terutama dapat menimbulkan perpecahan atau perselisihan di antara manusia sangat minim sekali bahkan tidak akan terjadi. dengan musyawarah hal yang akan dicapai adalah kesepakatan diantara manusia nya yang dalam mencari solusi dalam kehidupan di dunia ini.

Bagaimana profesi pengacara di bangsa Indonesia ini?
pada dasarnya pengacara ini hadir di Indonesia ini dengan adanya sistem hukum yang berlaku di Indonesia, yang menganut sistem eropa kontinental dan ini merupakan warisan dari bangsa Belanda. Indonesia memakai sistem Eropa Kontinentalnya ini dikarenakan alasan sejarah. pada waktu penjajahan oleh bangsa Belanda, mereka kaum eropa menjalankan suatu sistem yang bernama eropa kontinental ini diberlakukan bagi bangsanya, pribumi dan timur asing.

Terus berjalan bertahun-tahun di Indonesia dijalankan oleh bangsanya dan sampai membuat hukumnya itu dalam suatu kitab, yang terdiri dari KUHPidana dan KUHPerdata. sampai Indonesia merdeka pun memakai Hukum Eropa Kontinental ini.

Dalam sistem hukumnya itu dalam menjalankan peradilan yang dilakukan memvonis atau menyelsaikan perkaranya itu harus adanya Pengacara. Nah ditulah adanya pengacara itu ada. Tidak menutup kemungkinan pengacarapun akan sangata banyak di Indonesia, karena adanya alasan kebutuhan karena sistem hukumnya yang dipakai itu Eropa Kontinental.

Inila problema bagi kaum muslim di Indonessia negerinya tercinta ini. Muslim harus bisa merubah paradigma pengacara atau advokat ini yang asal mulanya suka berdebat mennjadi suka bermusyawarah. Perpecahan dan perslisihan yang terjadi di bangsa ini pun akan sedikit mempengaruhi dalam sesi pembunuhan sesama mausia pun akan sangat kecil/minim.


SHARE :
CB Blogger

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 BERAWAL DARI REALITAS. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger